Dinas Kesehatan Bantul Gelar Sosialisasi dan Motivasi Kader Penyuluh IVA Sadanis

Administrator 26 Februari 2020 09:04:29 WIB

Kegiatan Sosialisasi dan Motivasi Kader Penyuluh IVA Sadanis dilaksanakan selama 3 hari, dari tanggal 25 - 27 Februari 2020 di Grand Dafam Hotel Yogyakarta. Kegiatan ini dihadiri oleh 75 kader PKK perwakilan tiap desa di Kabupaten Bantul. Selasa (25/2).

Hadir pada acara Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Bantul Hj. Erna Kusmawati Suharsono, Sekretaris Dinas Kesehatan Bantul bersama jajaran dan para narasumber.

Menurut Sekdin Kesehatan Bantul Ninik Istita Rini kegiatan ini digelar dalam rangka memantabkan dan memberikan motivasi kader PKK sekaligus kader kesehatan desa dalam mensosialisasikan pencegahan sejak dini kanker servik menggunakan metode IVA Sadanis, acara ini sangat berguna dan menarik karena banyak pengetahuan baru mengenai IVA sebagai deteksi kanker sejak dini.

Lebih lanjut Bu Ninik mengajak masyarakat Bantul, khususnya Perempuan untuk tidak takut dalam mengikuti IVA tes. IVA merupakan salah satu tes untuk mendeteksi kanker sejak dini dan dilakukan 6 bulan sekali.

Hal itu dikuatkan juga oleh dr. Sapta, dia menjelaskan bagaimana proses IVA bagi perempuan menopause dan penanganan tes terutama ditingkat terbawah termasuk bagaimana penanganan kanker terhadap ibu hamil juga.

Sementara Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Bantul Hj. Erna Kusmawati Suharsono mengaspresiasi upaya Dinas Kesehatan menggandeng Kader PKK Desa menggelar acara motivasi penyuluh IVA Sadanis, untuk selalu hadir di acara ini selama 3 hari ke depan agar proses dan tujuan dalam sosialisasi ini dapat tercapai yaitu perempuan- perempuan di Bantul bebas kanker serviks.

"Perempuan di Bantul diharapkan semuanya sehat bebas dari kanker dengan menjaga kebersihan, menjaga kesehatan, menjaga pola makan, dan menjaga pola hidup, " tutur Erna.

Dia menambahkan, kepada segenap kader kesehatan untuk belajar dan menambah ilmu supaya menjadi perpanjangan tangan dari dinas kesehatan untuk masyarakat Bantul. " Semoga setelah Sosialisasi ini diharapkan peserta yang hadir mampu memberikan sosialisasi juga di desa ibu-ibu mengabdi, " katanya.

>>>bangkitumy

Sumber : FB Pemkab Bantul

Komentar atas Dinas Kesehatan Bantul Gelar Sosialisasi dan Motivasi Kader Penyuluh IVA Sadanis

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License