Temu Lapang Bantuan Budidaya Ikan Sistem Minapadi

Administrator 25 November 2020 13:24:32 WIB

Kamis (19/11) bertempat di Semampir, Argorejo, Sedayu, Balai Besar Perikanan Budidaya Air Tawar (BBPBAT) Sukabumi menyelenggarakan kegiatan Temu Lapang Bantuan Budidaya Ikan Sistem Minapadi. Kegiatan yang diselenggarakan dalam rangka kegiatan bantuan budidaya ikan sistem minapadi yang telah dilakukan oleh BBPBAT Sukabumi ini diikuti oleh peserta calon penerima bantuan dari Kabupaten Tasikmalaya dan penerima bantuan dari Kabupaten Bantul, tepatnya Kelompok Tani Sedyo Makmur.

Tim BBPBAT Sukabumi menyampaikan tujuan kegiatan ini adalah untuk mempertemukan penerima bantuan budidaya ikan sistem "MINAPADI" yang berada di Kab. Bantul dengan pihak dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (BBPBAT Sukabumi) dalam hal ini sebagai pemberi bantuan beserta dinas-dinas terkait.

Sekretaris Dinas Pertanian Pangan Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bantul melakukan pembukaan sekaligus menyampaikan apresiasi pada Tim BBPBAT Sukabumi yang telah memilih Kabupaten Bantul sebagai tempat program kegiatan Minapadi 2 tahun berturut-turut. Sebelumnya, pada tahun 2019 program ini sudah terlaksana di Kelompok Dwi Manunggal, Nglebeng, Tamanan, Banguntapan, Bantul. Kepala Bidang Kelautan dan Perikanan DPPKP yang turut hadir menyampaikan bahwa program Minapadi memiliki banyak keuntungan, antara lain produktivitas padi meningkat dari 9,55 ton / ha menjadi 11,12 ton / ha walaupun lahan untuk padi relatif lebih sempit (kasus percontohan Nglebeng, Banguntapan), hama padi berkurang karena ada predator (ikan), pemupukan cukup 1 kali karena kotoran ikan bisa menjadi pupuk alami, tidak perlu penyemprotan pestisida, sehingga bisa menjadi padi organik dan bisa memperoleh pendapatan tambahan selain dari panen padi juga dari hasil panen ikan.

Acara dilanjutkan dengan kunjungan lapangan ke lokasi kegiatan program Minapadi di Kelompok Tani Sedyo Makmur. (dp)

 

Dikutip dari : https://bantulkab.go.id/berita/detail/4402.html

Komentar atas Temu Lapang Bantuan Budidaya Ikan Sistem Minapadi

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License