Mencoba Gurih dan Manisnya Mi Ayam Klamud Khas Bantul, Yogyakarta

Administrator 28 Januari 2020 11:01:42 WIB

TRIBUNTRAVEL.COM - Bagi penggemar mi ayam yang ingin merasakan sensasi berbeda, bisa mencoba mi ayam klamud, atau mi ayam yang disajikan di dalam buah kelapa.

Penjual mi ayam unik ini di Jalan Tentara Pelajar, Kelurahan Trirenggo, Kabupaten Bantul, DI Yogyakarta atau di sebelah utara gerbang masuk kompleks perkantoran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bantul.

Nama warung yang menyediakan menu unik ini Mi Ayam Klamud Patma Sejati. 

Warung kecil ini tepat berada di pinggir jalan, dan terletak dipinggir sawah.

Sehingga saat menikmati baik mi ayam biasa maupun klamud bisa merasakan kesejukan angin.

Suasana ruang terbuka dan memanjakan mata pengunjung dengan pemandangan berupa persawahan.

Dengan harga Rp 15.000 per porsi pengunjung disajikan mi ayam unik ini.

Ketika dicoba, rasa manis dan gurih ditambah rasa dingin dari daging kelapa muda memunculkan sensasi berbeda.

Tetapi tidak menghilangkan rasa khas mi ayamnya.

"Resep ini diperoleh setelah berulang kali mencoba. Mungkin bisa mencapai puluhan kali ya. Bagaimana menyajikan kelapa muda dan mi ayam agar bumbunya bisa selaras," kata Lestari (37), pemilik warung Mi Ayam Klamud Patma Sejati akhir pekan lalu.

Diakuinya untuk tahap awal membuat mi ayam disajikan menggunakan kelapa muda ini juga butuh pengetahuan tentang kelapa itu sendiri.

Setelah mencoba beberapa kali baru ditemukan ukuran kelapa yang cocok, dan pas untuk mi ayam. Pengunjung pun jika mau diberikan air kelapa gratis.

"Bumbu mi ayam yang bercampur kelapa muda. Tapi akhirnya pas juga dan kita baru berani menjualnya. Sehingga kalau dibilang rasanya gurih dan manis itu hasil kombinasi bumbu dengan kelapa mudanya," ujar Lestari.

Memang warung ini baru dibuka belum lama baru sebelum Ramadhan tahun 2019, dan sempat tutup karena karena karyawannya hamil.

Warung mi ayam ini didasari karena keinginan menyajikan mi ayam berbeda, karena di Bantul, dan DIY banyak penjual mi ayam dengan penyajian beragam.

"Spontanitas saja, gimana kalau coba disajikan pakai kelapa muda. Nah, karena iti dinamai mi ayam klamud. Klamud itu singkatan dari kelapa muda," ucapnya.

Sejak dibuka hingga kini, setiap hari menghabiskan 50 kelapa muda.

Bagi yang tidak suka dicampur kelapa muda, bisa menikmati mi ayam biasa dengan harga Rp 8.000 per porsi.

Untuk es teh dan es jeruk dibanderol Rp 2.000.

Salah seorang pembeli, Siti mengaku baru pertama kali menikmati mi ayam klamud.

Menurut dia rasanya unik dan berbeda dengan mi ayam pada umumnya. "Unik apalagi makannya di tengah sawah begini. Jadi berbeda," ucapnya.

 

Sumber : https://travel.tribunnews.com/2019/08/03/mencoba-gurih-dan-manisnya-mi-ayam-klamud-khas-bantul-yogyakarta?page=all

Komentar atas Mencoba Gurih dan Manisnya Mi Ayam Klamud Khas Bantul, Yogyakarta

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License